Rangkuman Tugas Komputer Masyarakat P9


 

DUNIA USAHA

1. Manfaat Komputer Dalam Bisnis 

        Fungsi dari komputer dalam 30 tahun ke belakang hanya sebatas penghitungan, pencatatan, surat-menyurat, dan eksekusi sederhana lainnya. Namun pada saat ini seiring didukung oleh perkembangan dari komputer dan perangkat lainnya, kegunaan komputer lebih luas, mulai dari hiburan, keperluan kantor, menganalisa, sumber informasi, dan mengontrol sesuatu.

        Dalam dunia bisnis, komputer biasanya digunakan untuk proses administrasi keuangan, statistic kemajuan, data stok barang, prediksi untuk penjualan, bahkan hingga untuk merencanakan bisnis masa depan, dsb. Dalam hal tersebut diperlukannya data-data perusahaan yang valid dan diinput kedalam software komputer, dikelola dalam software, sehingga menghasilkan laporan yang diinginkan oleh owner/manager sebuah usaha untuk mengambil sebuah kebijakan untuk suatu usaha atau mengetahui perkembangan suatu usaha.

2. Evolusi Pengolahan Data 

        Di era perdagangan yang semakin besar dan bebas, memunculkan banyaknya persaingan dan saling adu unggul dalam hal produk, ini merupakan tantangan yang tidak mudah bagi pelaku bisnis. Untuk itu diperlukan evolusi dalam pengolahan data agar tidak terjadi kecurangan dalam hal manipulasi data. Berikut adalah Tahap dalam Evolusi Pengolahan Data.

TAHAP 1: 

- Tujuan utama tugas manusia digantikan oleh komputer adalah penghematan biaya dari berbagai sektor. 

TAHAP 2: 

- Perluasan aplikasi bertujuan mengalihkan SDM ke service, quality control, operasional, analisa pengembangan system, dll (pekerjaan yang tidak bisa digantikan dengan komputer). 

TAHAP 3: 

- Pengendalian dalam pembelian dan penjualan. 

TAHAP 4: 

- Menganalisa data-data yang sudah di input, untuk memprediksi penjualan kedepannya.

Dampak yang terjadi adanya evolusi pengolahan data adalah bisa digantikannya peranan manusia, dimana semua proses input di lakukan oleh media komputer. Contoh profesi yang tergantikan oleh teknologi :

a. Agen Penjualan, pada dasarnya agen penjualan sangatlah penting untuk mempromosikan suatu barang atau jasa, tetapi dalam era sekarang agen penjualan tergantikan dengan adanya e-commerce.

b. Kasir, di negara-negara maju kasir mulai tergantikan dengan teknologi, pelanggan dapat langsung menscan barcode yang tertera dalam produk yang terhubung dengan alat pembayaran digital.

c. Teller, peranan teller sedikit tergantikan dengan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dalam melakukan beberapa jenis transaksi, seperti transfer, setor tunai, melakukan validasi, dll.

d. Operator Telepon, pekerjaan operator telepon sedikit digantikan dengan mesin penjawab otamatis dalam menjawab beberapa pertanyaan dengan memberikan panduan tentang hal-hal yang sering ditanyakan pelanggan atau customer.

e. Tukang pos, surat berbentuk fisik mulai digantikan dengan e-mail (electronic mail). Sedangkan untuk perihal surat yang tidak bisa diketik dapat menduplikasikan dengan cara discan.

f. Administrasi, profesi di bidang administrasi paling banyak perubahan yang signifikan dengan adanya perkembangan teknologi, dari mulai pendaftaran, proses validasi, pencatatan, pembukuan, pelaporan, penyimpanan dan segala bentuk informasi dapat diproses komputer.

g. Masih banyak profesi lainnya yang tergantikan oleh teknologi komputer. Profesi baru dalam dunia digital dan evolusi pengelolahan data yaitu programmer, data analyst, database administrator, dll.


3. Dasar-dasar Database

        Basis Data atau Database merupakan suatu sistem untuk menyimpan data dalam kapasitas besar dengan efisien dan tidak akan terjadi redudansi data atau pengulangan data sehingga data menjadi lebih akurat. Database adalah bagian tak terpisahkan dari aplikasi web. cPanel sudah memiliki shortcut yang memungkinkan manajemen database dapat dilakukan dengan lebih mudah. Asal usul komputasi Big Data dapat ditelusuri kepengembangan basis data di Indonesia 1960-an. Bagian utama dari sejarah komputasi, database telah difokuskan tentang menangkap, menyimpan, mengelola, menanyakan, dan menganalisis data terstruktur. Apa yang dimaksud dengan database? Bagian berikut menjelaskan arti data dan spreadsheet. Database diperkenalkan dengan menggunakan spreadsheet sebagai titik awal.

a. Data

Data dapat mengambil banyak bentuk, termasuk angka, teks, gambar, hyperlink, dan suara. Data dapat tentang subjek apa saja, atau sekitar lebih dari satu subjek.

b. Spreadsheet

Seperti yang disebutkan, berasumsi bahwa terbiasa dengan spreadsheet, beberapa contoh umum adalah Microsoft Excel, LibreOffice Calc, dan Google Sheets. Spreadsheet digunakan sebagai titik awal untuk menggambarkan basis data.

Perbedaan utama antara spreadsheet dan database adalah bagaimana mereka menyimpan, memanipulasi dan jumlah data yang terlibat.

Proses pengolahan data dibagi menjadi beberapa tahapan:

a. Origination: proses pengumpulan data.

b. Input: memasukan data ke sistem komputer melalui media input (perangkat keras).

c. Processing: proses seperti klasifikasi data pengurutan data, pengendalian atau mencari data di lakukan pada proses ini.

d. Output: hasil daripada proses mengolah suatu data yang berisikan informasi sesuai dengan data yang sudah di inputkan.

e. Distribution: proses memberikan hasil output kepada yang membutuhkan suatu informasi.

f. Storage: hasil akan disimpan kedalam media penyimpanan atau storage device untuk memudahkan proses pencarian apabila di kemudian hari akan digunakan kembali.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak perubahan pada metode pemrosesan data.

Contoh-contoh metode pemrosesan data antara lain:

a. Pemrosesan Data dengan Metode Manual, Pada prosesnya masih

menggunakan tangan dan beberapa alat bantu untuk mengolah data.

b. Pemrosesan Data dengan Metode Electromechannical, data-data diproses menggunakan kemampuan manusia dan digabung dengan kemampuan mesin.

c. Pemrosesan Data dengan Metode Punched Card Equipment: data-data diproses dengan menggunakan semua peralatan yang disebut sistem warkat unit.

d. Pemrosesan Data dengan Metode Electronic Komputer: Keakuratan informasi dari hasi proses data dengan metode ini sangat tinggi serta hanya memerlukan waktu yang begitu singkat karena pada prosesnya sudah menggunakan teknologi komputer.

e. Pemrosesan Data dengan Metode Network Office: Pada prosesnya, jaringan komputer perkantoran digunakan untuk pengolahan data-data. Hal ini disebabkan karena diproses secara online baik dalam pembuatan transaksi maupun laporan.


4. Sistem Manajemen Basisdata

        Merupakan software khusus yang berguna untuk mengolah data yang di inginkan di dalam basis data atau database. Sistem manajemen Basis Data biasa disebut senagai Database Management System (DBMS). DBMS memiliki hubungan yang erat dengan sistem basis data. DBMS dan database merupakan pembentuk suatu sistem basis data. Sistem basis data akan terbentuk apabila adanya interaksi dan saling terhubung antara DBMS dengan database.

Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari pemanfaatan DBMS pada jaringan komputer perusahaan berdasakan fungsinya sesuai dengan pengertian DBMS:

a. Memelihara serta mengelola data dengan konsisten.

b. Untuk mengganti tempat penyimpanan fisik seperti pembukuan di media buku besar menjadi ke dalam emdia elektronik.

c. Untuk memperoleh data yang sama serta memperoleh lebih banyak informasi.

d. Agar basis data dapat digunakan secara bersamaan oleh beberapa pengguna.

e. Cepatnya proses pengolahan data.

f. Tidak perlu menggunakan space yang besar untuk menyimpan data.

g. Keamanan data sangat terjaga.

h. Meminimalisir terjadinya perubahan data dan mengawasi adanya pembaharuan data.

i. Menghindarai serta mencegah terjadinya inkonsisten dan duplikasi data.

j. Bertanggung jawab untuk mengolah data yang besar.

k. Mendukung bahasa quary.

l. Pengawasan backup database dan pemulihan dari kesalahan.


Software DBMS yang sering digunakan untuk mengelola database perusahaan jenis-jenisnya antara lain:

a. MySQL

b. Oracle

c. Microsoft SQL Server

d. Firebird


Pada umumnya sistem manajemen pengelolaan data memiliki beberapa fungsional yang menjadi komponennya, yaitu :

a. File Manager

Dalam komponen ini, digunakan untuk representasi suatu informasi yang tersimpan di dalam media penyimpanan elektronik.

b. Database Manager

Di dalam komponen ini, menyediakan sarana untuk antarmuka data low level yanga da pada program aplikasi database.

c. Query Processor

Digunakan untuk menerjemahkan query yang di input agar dapat di mengerti oleh database manager.

d. DML Precompiler

Digunakan untuk melakukan konversi perintah DML biasanya ditambahkan ke dalam program aplikasi dalam bahasa utama prosedur normal.

e. DDL Compiler

Digunakan untuk mengkonversikan perintah DDL di dalam tabel yang berisikan data utama.


Kekurangan Sistem Manajemen BasisData (DBMS) antara lain:

a. Ukurannya cukup besar karena DBMS sangat kompleks.

b. Pada penggunaannya dinilai cukup kompleks.

c. Biaya bergantung pada fungsi yang disediakan serta lingkungan tempat penggunaannya.

d. Hardwarenya memiliki biaya tambahan.

e. Bagi pengguna DBMS yang baru akan dikenakan biaya konversi.

f. Performa kinerja akan menurun seiring berjalannya waktu.

g. Kemungkinan untuk mengalami kegagalan yang besar akan terjadi karena penurunan performa seiring berjalannya waktu.


5. Data Menguntungkan Bisnis

        Mengumpulkan dan menganalisis data sangat penting untuk bisnis kecil karena itu dapat meningkatkan efisiensi dan profit suatu usaha. 

Manfaat yang bisa didapat dari penggunaan basis data dalam sebuah bisnis.

a. Memberikan Pemahaman yang Solid tentang Pelanggan

Bisnis kecil dapat secara efektif bersaing dengan perusahaan besar dengan menargetkan pasar. Data membantu bisnis memahami pelanggan lebih baik dan mengidentifikasi pasar ini lebih akurat, dengan menyimpan, menyortir, dan memfilter data tentang pelanggan.

b. Mendapatkan Pemahaman yang Lebih dalam tentang Penjualan

Dengan mengumpulkan dan menempatkan sebanyak mungkin informasi tentang produk dan pelanggan untuk menjadi basis data, pengusaha dapat melihat produk mana yang diminati, dan pelanggan kembali untuk pesanan berulang, barang mana yang tidak laku dengan baik, dll.

c. Kontrol Stok yang Efisien

Dengan hanya melihat sekilas ke basis data, pengusaha dapat melihat stok barang dan dari mana memesan persediaan selanjutnya.

d. Menanggapi Perubahan

Database yang terorganisasi dengan baik dapat membantu bisnis merespon perubahan dan membuat keputusan.

e. Analisis data

Kemampuan query dan pelaporan dari database menjadikannya sangat berharga. Sumber daya yang mampu untuk menganalisis data dan memprediksi tren di masa depan, karena mereka dapat menarik data secara bersamaan.

f. Meningkatkan Keamanan Data

Kontrol dan otorisasi keamanan dapat diimplementasikan dalam database dengan memindahkan data sensitif ke dalam tabel terpisah dengan kontrol otorisasi sendiri.


6. Suatu Usaha Tidak Menggunakan Database

        Tujuan dari bagian ini adalah untuk membantu pengusaha memahami mengapa pengusaha belum mengambil keuntungan dari data yang mereka punya. Tujuannya juga untuk mendorong pengusaha menjauh dari keraguan yang mungkin dimiliki, yaitu:

a. Terlalu mahal

Banyak usaha kecil memiliki anggaran kecil dan menganggap database terlalu mahal. Mereka percaya bahwa mereka harus membayar ahli untuk membuat database.

b. Terlalu Mengganggu

Jika sebuah perusahaan berjalan dengan lancar mungkin ada kekhawatiran bahwa implementasi sebuah database akan mengganggu status dan menyebabkan kejatuhan dalam bisnis.

c. Akan Terlalu Banyak Waktu

Pengusaha dapat mengimplementasikan database dalam langkah-langkah kecil, seperti yang dijelaskan dalam paragraf sebelumnya seperti manfaat basis data dan pentingnya data untuk bisnis kecil.

d. Terlalu Sulit untuk Belajar dan Melaksanakan

Mungkin sulit untuk mempelajari tentang basis data ketika pengusaha belum pernah menggunakan sebelumnya.

e. Terlalu Rendah pada Daftar Prioritas

Menjalankan bisnis kecil bisa sangat berat, dengan jam kerja yang panjang dan sedikit waktu untuk tetap terorganisir.


SOAL LATIHAN/TUGAS 

1. Berikan pendapat anda mengenai DBMS! 

2. Jelaskan peranan administrator dalam pengelolaan database! 

3. Berikan contoh data yang digunakan untuk database dalam sebuah usaha! 

4. Sebutkan kegunaan database dalam kehidupan sehari-hari! 

5. Seberapa pentigkah database dalam persaingan usaha? Jelaskan!


JAWABAN

1. Menurut saya DBMS adalah elemen penting dalam pengelolaan data modern. Dalam dunia yang semakin terhubung dan didorong oleh data, DBMS membantu organisasi untuk menyimpan, mengelola, dan memanfaatkan data secara efektif. Dengan kemampuan untuk menyediakan akses yang cepat, keamanan yang kuat, dan pengaturan struktur data yang kompleks, DBMS memainkan peran vital dalam pengembangan aplikasi dan pengambilan keputusan yang didukung oleh data.


2. Administrator basis data memiliki tanggung jawab penting dalam merencanakan, mengelola, dan melindungi basis data. Mereka berperan dalam memastikan kinerja yang optimal, keamanan data, dan ketersediaan sistem basis data.


3. -Data Pelanggan: Informasi tentang pelanggan seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, riwayat pembelian, preferensi produk, dan catatan kontak.

-Data Produk: Informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh usaha, termasuk nama produk, deskripsi, harga, stok, kategori, gambar, dan atribut produk lainnya.

-Data Transaksi: Informasi tentang transaksi penjualan atau pembelian, termasuk tanggal, waktu, nomor transaksi, pelanggan terkait, produk yang dibeli, jumlah, harga, diskon, dan total pembayaran.

-Data Inventori: Informasi tentang persediaan atau stok produk, termasuk jumlah yang tersedia, lokasi penyimpanan, tanggal masuk, tanggal keluar, dan histori pergerakan stok.

-Data Karyawan: Informasi tentang karyawan usaha, seperti nama, jabatan, tanggal bergabung, informasi kontak, gaji, dan riwayat pekerjaan.

-Data Supplier: Informasi tentang pemasok atau supplier usaha, termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan catatan pembelian.

-Data Keuangan: Informasi keuangan seperti laporan keuangan, neraca, laporan laba rugi, catatan pembayaran, dan faktur.

-Data Marketing: Informasi tentang kampanye pemasaran, data prospek atau leads, respons pelanggan, analisis pasar, dan riwayat komunikasi pemasaran.

-Data Pengiriman: Informasi tentang pengiriman barang, termasuk alamat pengiriman, nomor pelacakan, kurir yang digunakan, tanggal pengiriman, dan tanda terima pengiriman.

-Data Layanan Pelanggan: Informasi tentang permintaan dukungan pelanggan, keluhan, riwayat layanan, dan interaksi dengan departemen layanan pelanggan.


4. Ada beberapa kegunaan nya yaitu:

-Media Sosial: Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menggunakan database untuk menyimpan informasi pengguna, seperti profil, postingan, teman, dan aktivitas.

-Aplikasi Perbankan dan Keuangan: Database digunakan dalam aplikasi perbankan dan keuangan untuk menyimpan informasi rekening, transaksi, histori pembayaran, dan profil pengguna.

-Aplikasi E-commerce: Platform e-commerce seperti Amazon dan eBay menggunakan database untuk menyimpan informasi produk, informasi pelanggan, riwayat pembelian, dan data inventori.

-Aplikasi Transportasi: Aplikasi transportasi berbasis database seperti Uber dan Grab menyimpan informasi pengguna, lokasi kendaraan, dan riwayat perjalanan.

-Sistem Reservasi: Sistem reservasi dalam industri perhotelan, maskapai penerbangan, dan restoran menggunakan database untuk menyimpan informasi reservasi, jadwal, ketersediaan, dan preferensi pelanggan.

-Sistem Kesehatan Elektronik: Database digunakan dalam sistem kesehatan elektronik untuk menyimpan catatan medis, riwayat pasien, resep, dan hasil tes.

-Aplikasi Pencarian: Mesin pencarian seperti Google menggunakan database yang besar untuk menyimpan dan mengindeks jutaan halaman web.

-Aplikasi Perpustakaan Digital: Database digunakan dalam perpustakaan digital untuk menyimpan dan mengatur koleksi buku, artikel, dan materi referensi.

-Sistem Keamanan: Sistem keamanan seperti pengenalan wajah, pengenalan sidik jari, dan pengenalan plat nomor menggunakan database untuk menyimpan data biometrik yang diperlukan dalam proses identifikasi dan verifikasi.

-Sistem Transportasi Publik: Database digunakan dalam sistem transportasi publik untuk menyimpan jadwal, rute, tarif, dan data perjalanan pengguna.


5. Dalam persaingan usaha yang semakin ketat, pengelolaan data yang efektif dan penggunaan database yang cerdas dapat memberikan keunggulan kompetitif kepada perusahaan. Database memungkinkan perusahaan untuk menjadi lebih responsif, efisien, inovatif, dan fokus pada kebutuhan pelanggan. Dengan memanfaatkan potensi data, perusahaan dapat memenangkan persaingan dan mencapai keberhasilan jangka panjang.

Komentar